Lembaga Desa

  1. LEMBAGA DESA
  2. Pemerintahan Desa
  3. Pemerintah Desa

Dalam proses penyelenggaraan dan implementasi pemerintahan dan pembangunan serta pelayanan masyarakat desa Suyadon  didukung oleh struktur organisasi pemerintah desa yang terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kaur Pemerintahan, Kaur Pembangunan, Kaur Umum.

 

     Tabel 03 : Struktur Pemerintah Desa Suyadon

NO JABATAN JUMALAH PENGANGKATAN
1 Kepala Desa 1 Pemilihan
2 Sekretaris Desa 1 PNS
3 Kaur Pemerintahan 1 Kepala Desa
4 Kaur Pembangunan 1 Kepala Desa
5 Kaur Umum 1 Kepala Desa
6 Stap Administrasi 1 Kepala Desa
7 Kaur  keuangan 1 Kepala Desa

Sumber : Desa Suyadon Tahun 2014

  1. Badan Permusyarawatan Desa

Badan Permusyarawatan Desa Suyadon merupakan lembaga perwakilan masyarakat desa  Suyadon yang dipilih setiap 5 (lima) tahun sekali, menjadi mitra kerja pemerintah Desa Suyadon dalam perencanaan pembangunan desa Suyadon.

      Tabel 04 : Struktur Badan permusyarawatan Desa Suyadon

NO JABATAN JUMALAH PENGANGKATAN
1 Ketua BPD 1 Pemilihan
2 Wakil Ketua BPD 1 Pemilihan
3 Anggota Bidang Pemerintahan 1 Pemilihan
4 Anggota Bidang Pembangunan 1 Pemilihan
5 Sekretaris BPD 1 Pemilihan

Sumber :Desa Suyadon Tahun 2014

  1. Lembaga Kemasyarakatan
  2. Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM)

Lembaga pemberdayaan masyarakat desa merupakan lembaga mitra pemerintah desa dalam mekanisme perumusan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan program pembangunan desa Suyadon, dimana keanggotaannya terdiri dari seluruh unsur masyarakat  yang ada.

 

  1. PKK

Organisasi ini merupakan organisasi dimana kaum perempuan mewujudkan kesetaraan gender, yang menjadi sumber pendukung pemerintah desa dalam implementasi pembangunan maupun kegiatan-kegiatan PKK

 

 

  1. Karang Taruna

Karang Taruna Desa Suyadon merupakan organisai kepemudaan yang anggotaannya terdiri dari para pemuda/pemudi desa suyadon, organisasi ini sangat banyak membantu pemerintah desa dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan pemerintah desa.

Dalam pelaksanaan pelayanan masyarakat dan pembangunan desa suyadon masih minim dalam implementasinya mengingat masih banyak keterbatasan secara sumber daya pendukung seperti struktur organiasi pemerintahan desa dan sumber daya aparatur desa kemudian anggaran.

 

Facebook Comments